Beberapa hari yang lalu saya harus mengajarkan materi Microsoft Excel pada anak-anak di sekolah. Bisa saja saya langsung menyampaikan tentang cara membuat tabel dan border dengan program tersebut, tetapi saya yakin hal tersebut akan membosankan di mata anak-anak. Saya mencoba mencari cara agar dapat mengkolaborasikan TIK ini untuk semua bidang yang dipelajari oleh anak-anak di sekolah.
Bingo! akhirnya ketemu sebuah ide. Anak-anak saya beri tugas untuk mengidentifikasi buku yang ada di perpustakaan. Hasil identifikasi tersebut akan diolah ke dalam program excel. Saya memberikan rambu-rambu hal yang perlu di cari pada saat mengekplorasi isi buku di perpustakaan, diantaranya adalah kategori buku, judul, penulis, penerbit dan tahun penerbitan. Sejauh mata memandang, anak-anak tampak asyik mengidentifikasi buku tersebut, sekalian mengenalkan buku-buku yang ada di perpustakaan.
Pada suatu saat salah satu siswa datang,"Pak, penulis bukunya nggak ada!" serunya. Saya coba melihat buku yang dimaksud oleh anak tersebut. Hehehe...memang penulis buku tidak ada tetapi yang tertera di buku tersebut yakni pengarang. Saya pun lantas memberikan pengertian bahwa penulis sama arti dengan pengarang dalam buku tersebut. Di lain kesempatan datang lagi anak yang lain, kali ini ia mengeluhkan tidak dapat menemukan semua rambu yang saya sampaikan. Saya ajak duduk bersama untuk mengekplorasi buku, saya coba tunjukkan bahwa identifikasi buku dapat dilihat pada halaman khusus yang menuliskan tentang identifikasinya.
Anak-anak kini tahu bagaimana mengetahui identifikasi buku secara detil dalam kegiatan tersebut. So, TIK nya kena, mengenalkan buku dapat, dan tambahan ilmu baru tentang cara mengidentifikasi buku mulai dari cetakan yang ke berapa, ISBN dan detil lainnya. Bagaimana? asyik bukan jika kita bisa mengkolaborasikan kegiatan yang terkait pengenalan buku dengan bidang lain seperti TIK?
ANDA PUNYA BUKU UNTUK DIRESENSI? SMS 087731449424